Sabtu, 09 Juni 2012

contoh proposal outdoor study




I.              PENDAHULUAN
Pendidikan bukan hanya bagaimana cara untuk memperoleh pengetahuan. Namun, pendidikan merupakan upaya untuk meningkatkan pemahaman, sikap, dan ketrampilan serta  perkembangan diri anak. Kemampuan atau kompetensi ini diharapkan dapat dicapai melalui berbagai proses pembelajaran di sekolah. Salah satu proses pembelajaran yang digunakan untuk mencapai kompetensi diatas adalah melalui pembelajaran diluar kelas (outdoor). 
Pembelajaran outdoor  merupakan satu jalan bagaimana kita meningkatkan kapasitas belajar anak. Anak dapat belajar secara lebih mendalam melalui objek-objek yang dihadapi dari pada jika belajar di dalam kelas yang memiliki banyak keterbatasan. Lebih lanjut, belajar di luar kelas dapat menolong anak untuk mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki. Selain itu, pembelajaran di luar kelas lebih menantang bagi siswa  dan menjembatani antara teori di dalam buku dan kenyataan yang ada di lapangan. Kualitas pembelajaran dalam situasi yang nyata akan memberikan peningkatan kapasitas pencapaian belajar melalui objek yang dipelajari serta dapat membangun ketrampilan sosial dan personal yang lebih baik.
Pembelajaran outdoor yang akan dilakukan adalaha studi lapangan . Studi lapangan merupakan salah satu bentuk pembelajaran outdoor dimana terjadi kegiatan observasi untuk mengungkap fakta–fakta guna memperoleh data dengan cara terjun langsung ke lapangan. Studi lapangan merupakan cara ilmiah yang dilakukan dengan rancangan operasional sehingga didapat hasil yang lebih akurat. Dalam kegiatan studi lapangan, siswa diajak mengunjungi ke tempat dimana objek-objek geografi yang akan dipelajari tersedia disana.
Melalui kegiatan studi lapangan siswa akan memiliki pengalaman belajar yang tinggi karena berinteraksi dengan objek geografi secara langsung. Selain itu, siswa dapat belajar lebih dalam dengan kegiatan lapangan daripada belajar secara tekstual melalui buku-buku. Hal ini disebabkan berbagai fenomena nyata yang tidak terdapat di dalam buku dapat diamati secara langsung sehingga memunculkan rasa ingin tahu siswa. Rasa ingin tahu akan mendorong siswa untuk mencari jawaban/belajar lebih keras.
Sementara itu beberapa kelebihan dari pembelajaran  outdoor dengan melalui studi lapangan yaitu: 
1.      Pembelajaran di luar kelas akan meningkatkan pencapaian pembelajaran melalui kemampuan mengorganisasi, pendekatan yang lebih baik karena belajar dari obyek langsung merupakan satu hal yang utama. Hal ini terjadi karena dalam pembelajaran di luar kelas kita tidak hanya memikirkan apa yang kita pelajari, tetapi juga memikirkan
2.      bagaimana dan kapan kita belajar.
3.      Pembelajaran studi lapangan dapat meningkatkan sikap kearah lingkungan yang lebih baik.
4.      Keterlibatan dari setiap peserta lebih tinggi jika  dibandingkan pembelajaran secara klasikal.
5.      Materi/informasi yang diperoleh akan lebih lama diingat dan tidak segera ditinggalkan.

II.           NAMA KEGIATAN
“OUTDOOR STUDY”

III.        TEMA KEGIATAN
Kegiatan Outdoor Study ini mengambil tema :
“Analisa Fenomena Biosfer (Persebaran Tumbuhan) di Daerah Pesisir dan Karst Kabupaten Rembang”.
IV.        TUJUAN KEGIATAN
1.      Pemahaman siswa terhadap materi persebaran biosfer dapat meningkat.
2.      Siswa dapat menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh dalam persebaran tumbuhan.
3.      Siswa dapat mengetahui perbedaan persebaran tumbuhan di daerah pesisir dan karst.
4.      Siswa dapat merumuskan hasil pengamatan di lapangan dalam bentuk laporan Outdoor Study.
5.      Melatih siswa untuk berorganisasi serta tanggungjawab dalam melaksanakan tugasnya masing-masing.

V.           MANFAAT KEGIATAN
1.      Pemahaman siswa terhadap materi biosfer tentang persebaran tumbuhan dapat meningkat.
2.      Siswa memiliki peluang untuk mengembangkan pengetahuan dan potensinya dengan melakukan aktivitas sehari-hari di dalam pembelajaran.
3.      Secara spesifik studi lapangan memiliki pengaruh positif terhadap memori jangka panjang dan secara alami lingkungan alami memperkuat memori. 
4.      Studi lapangan yang efektif dan pengalaman individual (lokal) dapat mempengaruhi pertumbuhan individu dan peningkatan ketrampilan sosial. 
5.      Dapat meningkatkan ranah afektif serta menjembatani pembelajaran tingkat tinggi (HOT). 

VI.        OBJEK KAJIAN OUTDOOR STUDY
Outdoor Study ini berlokasi di Kabupaten Rembang, Propinsi Jawa Tengah dengan objek :
1.      Hutan mangrove di Desa Banggi, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang.
2.      Hutan jati di Desa Wonokerto, Kecamatan Sale, Kabupaten Rembang.

VII.     WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
Outdoor Study akan dilaksanakan pada :
Hari / Tanggal         : Sabtu, 12 Mei 2012
Waktu                     : pukul 07.00 WIB - selesai.
Tempat                    : Desa Banggi dan Desa Wonokerto

VIII.       PESERTA
Peserta outdoor study adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Rembang. Daftar dan jumlah peserta outdoor study. ( Terlampir )

IX.             SUSUNAN PANITIA
(Terlampir)

X.                GURU PEMBIMBING
(Terlampir)

XI.             INSTRUMEN OUTDOOR STUDY
Alat tulis seperti buku catatan dan pulpen.Fungsinya disini adalah sebagai alat pencatat hal penting yang telah disampaikan oleh guru pembimbing outdoor study.


XII.          PENUTUP
Demikian proposal kegiatan ini kami susun sebagai bahan pertimbangan bagi semua pihak, semata-mata demi kemajuan dan perkembangan pembelajaran siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Rembang, kegiatan outdoor study  ini diakhiri dengan suatu bentuk laporan ilmiah sebagai pertanggungjawaban ilmiah siswa.

Rembang, 1 Mei 2012

   Ketua  OS                                                                                   Sekretaris OS

Rendra Ristian Wibowo                                                           Faiz Ahmad Fahregi
NIS. 001                                                                                   NIS. 008

Mengetahui,

           
Kepala Sekolah,                                                                          Guru Pembimbing

Drs. Setyo Purwoko                                                                 Prastika R,S.Pd,M.Sc
NIP. 10012345678                                                                   NIP. 3201408038



Lampiran 1

DAFTAR PESERTA OUTDOOR STUDY

NO
NAMA
Nomor Induk Siswa
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
19.
20.
21.
22.
23.
24.
25.
26.
27.
28.
29.
30.
31.
32.
Rendra Ristian Wibowo
Gilang Pradana Wilaga
Tiko Timothy
Ricky Ahmad
Fallen Mahendra
Raymond Rico Cauilan
Franz Aerol
Faiz Ahmad Fahregi
Inggrid Oktaviani
Zain Malik
Steven Gerrard
Aurora Feriska
Muhammad Faturahman
Hardika Dwi Permana
Magfuri Zaqi Mubarok
Panji Lestaluhu
Dea Melinda Putri
Yessian Syifa
Luthfi Ahmad Ridwan
Fianda Luphita
Bagus Budi Muzammel
Pristya Dinambar Hunatali
Tita Assyifa
Rosi Miryanastiti
Noviyana Rindaryani
Wulandaru Agustina
Liam Payne
Ardhika Wisnu Kusuma
Tifa Laila Syifa
Dwi Riyanti
Seto Nur Amaludin
Nyoman Brahmana
001
002
003
004
005
006
007
008
009
010
011
012
013
014
015
016
017
018
019
020
021
022
023
024
025
026
027
028
029
030
031
032







Lampiran 2

SUSUNAN PANITIA OUTDOOR STUDY

Penanggung Jawab                 : Drs. Setyo Purwoko
Pembimbing    I                       : Prastika Ristianingrum,S.Pd,M.Sc
II                     : Niken Luluk Cahyani,S.Pd,M.Si
                        III                    : Sinta Selvi Windrianingsih,S.Pd,M.Si
IV                    : Himmatul Amanah,S.Pd,M.Si
Ketua Panitia                          : Rendra Ristian Wibowo
Wakil Ketua                            : Gilang Pradana Wilaga
Sekretaris        I                       : Faiz Ahmad Fahregi
                        II                     : Inggrid Oktaviani
Bendahara       I                       : Zain Malik
                        II                     : Dea Melinda Putri
Sie. Konsumsi                        : Noviyana Rindaryani
                                                  Raymond Rico Cauilan
                                                  Fianda Luphita
                                                  Bagus Budi Muzammel                                             
Sie. Dokumentasi                    : Tifa Laila Syifa
                                                  Ardhika Wisnu Kusuma


Sie. P3K                                  : Luthfi Ahmad Ridwan
                                                  Aurora Feriska
                                                  Rosi Miryanastiti
Sie. Keamanan                        : Nyoman Brahmana
                                                  Magfuri Zaqi Mubarok
                                                  Seto Nur Amaludin
                                                  Ricky Ahmad
















Lampiran 3

DAFTAR GURU PEMBIMBING

Guru Pembimbing I
            Nama               : Prastika Ristianingrum,S.Pd,M.Sc
            NIP                 : 3201408038
           
Guru Pembimbing II
Nama               : Niken Luluk Cahyani,S.Pd,M.Si
NIP                 : 3210408065

Guru Pembimbing III
Nama               : Sinta Selvi Windrianingsih,S.Pd,M.Si
NIP                 : 3201409024

Guru Pembimbing IV
Nama               : Himmatul Amana,S.Pd,M.Si
NIP                 : 3201409097




Lampiran 4

ANGGARAN BIAYA OUTDOOR STUDY

Sewa Bis                     : Rp. 200.000
Minum
4dus @ Rp. 15.000     : Rp. 60.000
Snack
38 orang @Rp. 5.000  : Rp. 190.000 +
Jumlah                         : Rp. 450.000

Jumlah siswa yang ikut sebanyak 32 , 4 guru pendamping dan 2 kru bus sehingga yang ikut dalam rombongan sebanyak 38.
Untuk iuran tiap siswanya sebesar Rp 13.000


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar