Minggu, 10 Juni 2012

afrika barat


Afrika barat yang wilayahnya membentang dari Senegal hingga perbatasan Chad dan Camerun merupakan bagian wilayah Afrika yang paling padat penduduknya dan terbagi atas tidak kurang dari 15 negara bekas jajahan berbagai bangsa Eropa.Kawasan yang jumlah penduduknya hamper sepertiga dari penduduk benua Afrika ini memiliki letak,faktor-faktor lingkungan alam (geologi,variasi iklim,mineral,tumbuhan) yang cukup menguntungkan hingga telah memungkinkan proses pengembangan wilayah dan penduduknya sejak masa lampau
.Afrika barat dulu berdiri kerajaan-kerajaan seperti kerajaan Ghana dan kerajaan yang berada disebelah timur tepatnya di Mali.
“Peta Afrika dengan negara-negara di Afrika Barat ditandai warna hijau”
Afrika Barat adalah sebuah wilayah di bagian barat Afrika.Afrika Barat berbatasan dengan Samudra Atlantik di sebelah barat dan selatan, Gurun Sahara di utara, dan Gunung Kamerun hingga Danau Chad di timur.
Negara-negara yang termasuk dalam Afrika Barat adalah:
Secara umum Afrika Barat menggambarkan zona ekologi yang berupa daerah pegunungan yang banyak hujan di bagian selatan (dekat ekuator) sedangkan di bagian utara merupakan daerah peralihan ke iklim gurun (kering) dengan banyak sungai mengalir ke pantai Teluk Guinea.Sementara Sungai Niger yang mengalir di bagian wilayah utara dari barat ke timur untuk kemudian ke selatan bermuara di pantai Teluk Guinea di Nigeria telah menopang kehidupan banyak penduduk di sejumlah negara yang dilewatinya serta menjadi pusat lalu lintas perdagangan dengan Eropa dan Asia.Dan Afrika Barat merupakan tempat persinggahan pertama pelayaran orang Eropa mencari rempah-rempah pada abad 15.
Dengan keadaan alam yang cukup menguntungkan berupa letaknya di tepi Teluk Guinea,topografi perbukitan dan pegunungan yang cukup hujan,banyak sungai kecil dan besar serta tanah yang cukup subur untuk pertanian dan perkebunan,maka Afrika Barat menjadi salah satu daerah jajahan dari negara Inggris dan Perancis.Pengkotakan  Afrika Barat atas belasan wilayah kecil ini telah dilakukan lebih berdasarkan pada kepentingan bangsa Eropa dalam menguasai dan mengeksploitasi sumber-sumber kekayaan wilayah yang bersangkutan dengan tidak mengindahkan adanya budaya dan satuan suku bangsa yang ada serta menutup jalur migrasi penduduk.
Infrastruktur yang dikembangkan hanyalah yang berkaitan dengan pengangkutan hasil bumi dan perdagangan ke luar wilayah.Maka interaksi wilayah hanyalah hubungan utara-selatan dan interaksi eksternal dengan Eropa.Sementara jalur yang menghubungkan antar negara di wilayah Afrika Barat sendiri tidak dikembangkan.Namun,setelah mendapatkan kemerdekaan setelah Perang Dunia II,konflik atau benturan-benturan muncul diantara kepentingan negara-negara industry,kepentingan kelompok elite terbatas yang telah mengenyam pendidikan barat,serta ketidakstabilan politik dan ekonomi bermunculan dari waktu ke waktu.
Secara khusus Afrika Barat telah menjadi sumber asal perdagangan budak yang terbesar di Afrika.Dalam kurun waktu ±350 tahun,puluhan juta tenaga kerja dari Afrika diangkut ke benua Amerika sebelum akhirnya muncul gerakan penghapusan perbudakan pada abad 18.Jadi sejak lama wilayah Afrika Barat telah menjadi daerah asal perdagangan budak,penghasil bahan mentah dan juga pasaran barang industry,seperti juga halnya banyak negara bekas jajahan lainnya.
Berikut adalah beberapa negara yang tergabung kedalam wilayah Afrika Barat:
Nigeria                                                                         
Republik ( federasi) Nigeria merupakan suatu negeri di Afrika barat yang paling menarik, karena jumlah penduduknya yang paling besar (lebih dari 110 juta orang). Dengan luas wilayah 923.768 kilometer persegi dan terletak di antara 5° LU dan 15° LU serta 3° BT dan 15° BT. Nigeria memiliki variasi keadaan lingkungan alam yang cukup menguntungkan hingga sejak lama telah dapat mendukung kehidupan masyarakat yang bahkan telah berhasil membangun kerajaan-kerajaan.
Jumlah penduduk yang besar dan merupakan satu-satunya Negara di afrika yang penduduknya lebih dari 100 juta telah di mungkinkan oleh berbagai faktor baik letak, lingkungan alam dan sejarahnya. Bagian utara wilayah Nigeria merupakan batas pinggiran wilayah gurun sahara hingga mensifatkan iklim yang kering. Di tengah wilayah terdapat dataran tinggi atau plato Joss dengan ketinggian kurang lebih 1800 m yang memberikan variasi tidak saja dalam hal suhu atau iklimnya, tetapi juga akan kekayaan sumber mineralnya. Daerah aliran Sungai Niger dan anak-anak sungainya, merupakan sungai terpanjang ke tiga di afrika setelah sungai Nil (5600 km) dan sungai Zaire (4700 km).Sungai Niger yang panjangnya 4180 km bermata air di dataran tinggi (plato) Fouta Djallon di Guinea dekat Sierra Leone dan hanya 200 km dari L. Atlantik.
Di wilayah pantai selatan Nigeria bagian baratnya berupa wilayah hutan hujan tropik dengan curah hujan 2500 mm setahun sementara di bagian timur yang merupakan wilayah delta sungai Niger adalah pantai berawa dengan hutan mangrove selebar 60-100 km ke arah barat. Variasi lingkungan alam dan iklim di samping memberikan variasi keadaan flora dan fauna juga telah memungkinkan berkembangnya aneka macam pertanian dan mata pencaharian dari perkebunan di wilyah pegunungan pantai selatan, perikanan dan pertanian, penggembalaan ternak dan pertanian ladang atau tegalan di wilayah utara yang kurang hujan.sementara kota pelabuhan Lagos telah berkembang sebagai pusat perdagangan sejak kedatangan orang Portugis akhir abad 15 dan Inggris abad 19. Daerah delta Sungai Niger yang memiliki kandungan minyak bumi memungkinkan adanya industri pengilangan minyak dan industri kimia, juga berkembangnya pelabuhan Port Hardcourt.
Sejarah kehidupan masyarakat wilayah Nigeria telah dimulai sejak beberapa abad sebelum tarikh Masehi. Wilyah barat terdapat 7 negara kota, yang sekaligus merupakan juga pusat-pusat perdagangan. Pada abad 14 mengalami perubahan akibat pengaruh pedagang Islam asal mesir. Di wilayah barat daya kerajaan-kerajaan kecil Benin dan Oya yang berpenduduk bangsa Yoruba telah ada sejak awal abad masehi dan tidak terpengaruh Islam yang datang dari utara. Sejak pengaruh islam (Arab) abad 9 telah mengembangkan kerajaan Kanem Bornu (oleh bangsa Fulani). Pusat peradaban yang di kembangkan oleh orang-orang dari utara dengan melintasi Gurun Sahara kemudian juga berkembang sebagai pusat persinggahan perjalanan trans Sahara.
Variasi lingkungan alam dan luas wilayah tidak hanya mewadahi penduduk dari ke empat bangsa utama di Nigeria. Kolonisme menjadikan wilayah pantai Nigeria salah satu asal daerah budak, dalam kurun waktu 350 tahun tak kurang dari 20 juta orang budak di perdagangkan. Pada abad 19 Inggris menghentikan perdagangan budak, namun kedatangan Inggris berlanjut dengan penguasaan seluruh wilayah Nigeria dan melakukan reorganisasi administrasi pemerintahan dengan di sertai pengembangan perkebunan, pengusahaan minyak bumi, perdagangan, pendidikn dan penyebaran agam Kristen.
Setelah mendapatkan kemerdekaannya tahun 1954 dengan pemerintahan sendiri yang menggabungkan wilayah-wilayah barat, selatan, timur dan tengah (utara) secara efektif. Namun, sejak awal kemerdekaannya dominasi oleh wilayah utara (Islam) menyebabkan pergolakan silih berganti. Perekonomian Nigeria menjadikan Port Harcourt sebagai pengilangan dan Nigeria sebagai Negeriterkaya di Afrika hitam (anggota OPEC). Wilayah tengah (Plato Joss) merupakan penghasil columbit, timah dan batu bara. Wilayah selatan barat merupakan daerah perkebunan (karet, kelapa sawit) dan perkayuan.
Luas wilayah dan keanekaragaman lingkungan alam dan penduduk juga menimbulkan berbagai masalah yang di antaranya mengarahkan pada konflik-konflik dan perpecahan wilayah yang di picu oleh adanya banyak bahasa, banyak bangsa atau suku bangsa dan kondisi perekonomian yang bermasalah.
Burkina Faso
Burkina Faso adalah sebuah negara di Afrika Barat yang terkurung daratan (landlocked). Negara ini berbatasan dengan Mali di sebelah utara; Togo dan Ghana di selatan; Niger di timur, Benin di tenggara; dan Pantai Gading di barat daya. Dahulu bernama Volta Hulu, Presiden Thomas Sankara mengganti nama negara ini menjadi 'Burkina Faso' (dalam bahasa Dioula dan More: "Negara Orang Jujur") pada 4 Agustus 1984. Ibu kota Burkina Faso adalah Ouagadougou (lafaz: Wagadugu), disebut "Waga" oleh penduduk setempat.
Sebagian besar negeri ini diliputi  peneplain  yang membentuk pemandangan berombak-ombak yang di beberapa tempat dengan perbukitan yang sedikit terisolasi, sisa  massif  pra-Kambrium.Tenggara negeri ini membentuk masif batuan pasir, di mana puncak tertingginya ditemukan: Ténakourou (749 m, 2.450 kaki). Masif itu dibatasi oleh tebing terjal yang tingginya 150 meter (490 kaki).Ketinggian rata-rata adalah 400 meter (1.300 kaki) dan perbedaan antara daratan yang lebih tinggi dengan lebih rendah tak lebih dari 600 meter (2.000 kaki). Burkina Faso adalah negara yang relatif datar, dengan pengecualian di beberapa tempat.
Lembah Sungai Niger juga mengaliri 27% permukaan negeri ini. Anak-anak sungainya (Béli, Gorouol, Goudébo, dan Dargol) adalah aliran musiman, dan hanya mengalir selama 4 hingga 6 bulan setahun namun bisa menyebabkan banjir bandang.Negeri ini juga memiliki sejumlah danau. Danau-danau yang utama adalah Tingrela, Bam dan Dem, dan kolam besar seperti Oursi, Béli, Yomboli dan Markoye.Kurangnya air sering menjadi masalah, khususnya di bagian utara negeri ini.
Burkina Faso adalah salah satu negara termiskin di dunia. Keadaan itu nampak  jelas melalui pertumbuhan penduduk dan ketandusan tanah. Akibatnya, pertanian menyumbangkan 32% PDB dan mencakup 80% penduduk aktif. Sebagian besar terdiri atas peternakan namun juga, khususnya di selatan dan barat daya, mengembangkan sorghoum, de millet, jagung, kacang, padi, dan kapas.Ekonominya bertahan sebisanya hingga jatuhnya aliran pengangkutan kapas ke seluruh dunia, barang ekspor utama.
Kurangnya pekerjaan menyebabkan tingkat emigrasi tinggi: sebagai contoh, 3 juta penduduk Burkina pindah ke Côte d'Ivoire (Pantai Gading). Menurut  Banque Centrale des États de l'Afrique de l'Ouest, para migran itu mengirimkan puluhan milyar franc CFA tiap tahun ke Burkina Faso. Sejak pengusiran dari Ghana pada 1967, keadaan itu telah memicu ketegangan di negara tujuan. Krisis yang terjadi baru-baru ini pada tahun 2003 di Cote d'Ivoire mengakibatkan kembalinya 300.000 migran. Separuh penduduk di negeri ini hidup di bawah ambang kemiskinan.Bantuan internasional ikut pula menunjang kegiatan ekonomi negara ini.Di negeri ada pula eksploitasi mineral: tembaga, besi dan khususnya emas.Burkina Faso adalah anggota Persatuan Ekonomi dan Moneter Afrika Barat dan Otoritas Liptako-Gourma.

Republik Guinea-Bissau
Republik Guinea-Bissau adalah sebuah negara kecil di tonjolan barat benua Afrika. Negara ini memiliki lebih dari 25 gugusan kepulauan. Luas daerahnya sebanding dengan luas Provinsi Kalimantan Selatan. Negara tetangganya adalah Senegal di bagian utara dan Guinea di bagian barat.Luas wilayah menduduki urutan ke 133.Jumlah penduduk menduduki urutan ke 147 di dunia.

Republik Mali (bahasa Perancis: République du Mali)
Republik Mali adalah sebuah negara yang terkurung daratan (landlocked) di Afrika Barat, sebelumnya merupakan jajahan Perancis. Negara terbesar kedua di Afrika Barat ini berbatasan dengan Aljazair di sebelah utara, Niger di timur, Burkina Faso dan Pantai Gading di selatan, Guinea di barat daya, serta Mauritania di barat. Perbatasannya di sebelah utara memanjang ke tengah gurun Sahara. Mayoritas penduduknya tinggal di wilayah selatan, di mana terdapat Sungai Niger dan Senegal. Negara yang dahulunya bernama Sudan Perancis ini mengambil namanya dari Kekaisaran Mali.
Mali Regions.png


Republik Togo
Republik Togo adalah sebuah negara di Afrika Barat, berbatasan dengan Ghana di barat, Benin di timur dan Burkina Faso di utara. Di sebelah selatan, Togo mempunyai pesisir Teluk Guinea yang kecil, di mana ibu kota Togo, Lomé berada.Togo terletak di Afrika Barat dan merupakan negara sub-Sahara yang kecil. Togo berbatasan dengan Teluk Benin di selatan, Ghana di barat, Benin di timur, dan Burkina Faso di utara.
Di bagian utara tanahnya kebanyakan merupakan sabana, berbeda dari bagian tengah Togo yang berbukit-bukit. Sebelah selatan Togo sebagian besar adalah hamparan besar yang mencapai bagian pesisir yang terdiri dari laguna dan rawa-rawa. Luas daratannya adalah 21.927 mi2, dengan kepadatan sebesar 232 jiwa/mi2.


Republik Gambia
Republik Gambia adalah sebuah negara di Afrika Barat. Wilayah negara terkecil di Afrika daratan ini tergolong unik karena apabila negara Senegal dianggap mulut, maka Gambia adalah lidahnya. Gambia hanya berbatasan dengan Senegal di sebelah utara, timur dan selatan. Sungai Gambia membentang di bagian tengah Gambia dan mengalir ke Samudra Atlantik di sebelah barat dan menurut garisnya itu pula batas Gambia terbentuk dari tengahnya ke Samudra Atlantik.Negara berukuran 10.500 km² dengan jumlah penduduk sebanyak 1,7 juta orang ini beribukota Banjul, tetapi konurbasi yang terbesar tetap Serrekunda.
Pada tanggal 18 Februari 1965, Gambia diberi kemerdekaan oleh Britania Raya lalu menyertai Persemakmuran. Gambia menerima asal sejarah yang sama dengan banyak negara Afrika barat, dengan perdagangan budak merupakan faktor utama dalam pendirian sebuah koloni di Sungai Gambia, mula-mula oleh bangsa Portugis dan kemudian oleh Britania. Sejak mencapai kemerdekaan, Gambia mengalami masa stabil, kecuali di masa kediktatoran militer yang singkat pada 1994.
Pertanian di Gambia mengikuti sistem cocok tanam tradisional dengan hanya mengandalkan kacang tanah sebagai komoditas utamanya. Gambia ialah negara yang kaya dengan pertanian, dengan ekonominya dikuasai oleh peladangan dan penternakan, perikanan, serta pelancongan. Sayangnya, hampir sepertiga jumlah penduduknya hidup di bawah garis kemiskinan antarabangsa sebanyak AS$1.25 sehar.

Guinea (ˈɡɪnea, secara resmi disebut Republik Guinea, bahasa Perancis: République de Guinée)
Guinea  adalah sebuah negara di Afrika Barat. Sebelumnya diketahui sebagai Guinea Prancis (bahasa Inggris: French Guinea), sekarang negeri ini kadang-kadang disebut Guinea-Conakry untuk membedakannya dengan tetangganya, Guinea-Bissau. Ibukota, pusat pemerintahan, dan kota terbesarnya adalah Conakry.Guinea memiliki luas 246.000 kilometer2 (94.981 mil2). Bentuknya seperti bulan sabit, dan batas barat dan selatannya adalah Samudera Atlantik. Guinea bertetanggaan dengan Sierra Leone, Liberia, dan Pantai Gading. Sungai Niger bermulai di Guinea dan terus hingga ke arah timur.Guinea memiliki 24 suku etnis. Yang paling dominan adalah suku-suku Fula, Mandinka, dan Susu.

Republik Ghana
Republik Ghana adalah sebuah negara di Afrika Barat yang berbatasan dengan Pantai Gading di sebelah barat, Burkina Faso di utara, Togo di timur, dan Teluk Nugini di selatan. Luas wilayahnya hampir dua kali luas pulau Jawa. Ghana merupakan salah satu negara penghasil cokelat terbesar di dunia di samping penghasil alumunium terbesar di Afrika. Dahulu bernama Pesisir Emas, nama "Ghana" berasal dari Kekaisaran Ghana (walaupun wilayahnya tidak seluas Ghana saat ini).
Sebelum zaman penjajahan, Ghana diduduki oleh beberapa kekaisaran kuno, termasuk kekaisaran pedalaman di Ashanti dan pelbagai negara Fante di sepanjang pantai. Perdagangan dengan negara-negara Eropa berkembang maju setelah hubungan dengan pihak Portugis pada abad ke-15.Ghana merupakan negara kulit hitam Afrika pertama yang mencapai kemerdekaan dari pemerintahan penjajah. Negara ini mencapai kemerdekaan dari Britania Raya pada tahun 1957.

Republik Liberia
Republik Liberia adalah sebuah negara di pesisir barat Afrika yang berbatasan dengan Sierra Leone, Guinea, dan Pantai Gading. Baru-baru ini Liberia dilanda dua perang saudara (19891996 dan 19992003) yang mengakibatkan ratusan ribu penduduknya mengungsi sekaligus menghancurkan ekonomi LibArtikel utama untuk bagian ini adalah: Ekonomi Liberia.
Ekonomi Liberia sangat bergantung kepada ekspor bijih besi. Sebelum 1990 Liberia juga mengekspor karet. Perang saudara yang panjang telah menghancurkan banyak infrastruktur negara, dan Liberia sangat tergantung kepada bantuan luar negeri. Pada 2005 negara ini memiliki tingkat pengangguran 85%, terburuk di dunia.
















DAFTAR PUSTAKA

 ~ Suharyono.2005.Dasar-dasar Kajian Geografi Regional.Semarang:UNNES





Tidak ada komentar:

Posting Komentar